Project Manager


 

    Project manager adalah kunci keberhasilan dari sebuah proyek. Mengapa demikian? Karena seorang project manager memiliki tanggung jawab yang cukup besar dalam sebuah project mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian sampai penutupan project. Jadi Project manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk mengatur, merencanakan, dan melaksanakan project dengan berdasarkan anggaran dan penjadwalan. Project manager juga bertanggung jawab untuk memimpin tim, menentukan tujuan, berkomunikasi dengan para stakeholder, dan menyelesaikan project dari awal hingga akhir.


Job Description Project Manager

dilansir dari Workable, berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab seorang Project Manager :
  • Mengoordinasikan sumber daya internal dan pihak ketiga/vendor untuk pelaksanaan proyek yang efektif dan efisien.
  • Memastikan bahwa semua proyek diselesaikan tepat waktu, dalam ruang lingkup dan anggaran yang sesuai.
  • Mengembangkan tujuan proyek, melibatkan semua pemangku kepentingan yang relevan dan memastikan kelayakan teknis.
  • Memastikan ketersediaan dan alokasi sumber daya.
  • Mengembangkan rencana proyek yang detail untuk melacak progres tim.
  • Mengukur kinerja proyek menggunakan sistem, tools, dan teknik yang tepat.
  • Melakukan pelaporan ke pihak manajemen sesuai kebutuhan.
  • Mengelola hubungan dengan klien dan semua pemangku kepentingan.
  • Melakukan manajemen risiko untuk meminimalkan risiko proyek.
  • Menjalin dan memelihara hubungan dengan pihak ketiga/vendor.
  • Membuat dan mengelola dokumentasi proyek yang komprehensif.
Contoh Dokumen Activities Monitoring yang penulis buat bisa didownload Di sini

Skill yang Dibutuhkan oleh Project Manager

Project manager membutuhkan berbagai keterampilan untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Berikut adalah beberapa contoh skill yang dibutuhkan oleh project manager :

1. Reading & Writing Skill
    Project manager harus memiliki kemampuan membaca dan menulis sebagai hard skill yang penting. Mereka perlu bisa membaca dan menafsirkan dokumen teknis serta merangkumnya agar mudah dipahami oleh semua yang terlibat dalam proyek.

2. Planning & Forecasting Skill
    Seorang project manager membutuhkan keterampilan perencanaan dan estimasi untuk mengelola proyek dengan baik. Dengan menggunakan informasi yang ada, mereka dapat membuat prediksi dan memastikan proyek berjalan lancar tanpa penundaan atau kekurangan anggaran.

3. Scheduling Skill
    Penjadwalan proyek adalah keterampilan penting bagi seorang project manager. Mereka perlu membagi sumber daya manusia untuk memastikan peran, tugas, dan tanggung jawab tetap sesuai jadwal agar proyek selesai tepat waktu. Beberapa alat yang dapat digunakan untuk menjadwalkan proyek adalah Gantt Chart, Microsoft Excel, dan Microsoft Project.

4. Cost & Budgeting Skill
    Project manager perlu mengelola anggaran proyek dengan cermat untuk memenuhi kebutuhan keuangan dan mencegah kendala yang menghambat proyek.

5. Risk Management Skill
        Setiap proyek memiliki risiko, seperti keterbatasan sumber daya, penundaan persetujuan klien, atau anggaran yang kurang memadai. Sebagai project manager, tugasnya adalah mengurangi risiko dan memiliki rencana cadangan jika ada hambatan proyek.

    Selain keterampilan teknis yang diperlukan untuk menciptakan proyek yang efisien, pengembangan soft skill juga penting dalam membangun fondasi kesuksesan proyek, yakni:

Kepemimpinan
Kepemimpinan penting bagi project manager untuk memotivasi tim dan mencapai kesuksesan proyek

Komunikasi
Komunikasi efektif dengan semua stakeholder yang terlibat dalam proyek, serta kemampuan menengahi konflik, merupakan kunci keberhasilan proyek yang sejalan dengan kepemimpinan.

Kemampuan Berorganisasi
Sebagai project manager, kemampuanmu untuk mendorong kolaborasi dan koordinasi tim menjadi kunci dalam menghadapi tantangan pekerjaan yang menantang.

Berpikir Kritis
Sebagai project manager, kemampuan berpikir kritis penting untuk membuat keputusan tepat dan kreatif dalam situasi terbatas demi bertahan dalam persaingan bisnis.

Manajemen Waktu
Manajemen waktu penting dalam kesuksesan proyek. Sebagai project manager, pemantauan waktu pengerjaan aktivitas dan pembagian tugas yang efisien memungkinkan kinerja tim menjadi lebih efektif dan waktu menjadi lebih efisien.

Kesimpulan

    Peran seorang project manager sangat penting dalam mengelola proyek secara efektif. Mereka perlu memiliki keterampilan kepemimpinan, komunikasi, perencanaan, manajemen risiko, dan kemampuan untuk mengambil keputusan yang tepat. Project manager juga harus bisa mengelola sumber daya, memastikan proyek berjalan sesuai jadwal dan anggaran, serta membangun kerjasama yang kuat di antara anggota tim dan stakeholder. Dengan keterampilan dan pengetahuan yang tepat, project manager dapat membawa proyek menuju kesuksesan dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Itulah postingan Tentang Project Manager kali ini dan terimakasih yang sudah membaca dari awal hingga akhir, kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terimakasih.

Referensi : glints.comid.prosple.com

Popular posts from this blog

DATA SCIENCE PEMAIN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON

Membuat Virtual Kalkulator Menggunakan Bahasa Pemrograman Python

5 Rekomendasi Anime bergenre Romance